Why Software-as-a-Service?

Posted on Updated on

Ini tentang sebuah mimpi yang dilandasi kemajuan teknologi saat ini. Teknologi berkembang pesat, merubah cara kita mengembangkan software dan akhirnya merubah pula cara kita menjual software. Kalo dulu kita membeli sebuah software seperti membeli barang sekarang kita dapat membeli software benar-benar sebagai sebuah jasa layanan. Kita membayar sesuai yang kita butuhkan saja. Hal tersebut sangat menguntungkan kedua belah pihak, mengapa? Berikut ini keuntungannya.

Better Return on Your Investment

SaaS akan memangkas biaya implementasi karena tidak memerlukan hardware baru, tidak perlu install, dan tidak perlu melibatkan IT Departement. Kalaupun melibatkan mereka hanya dalam skala kecil yang berurusan dengan jaringan internet. Menurut  dari beberapa sumber model SaaS akan memotong sampai 40% daripada model konvensional.

Rapid Implementation

Proses instalasi software boleh dikatakan gampang-gampang susah. Terkadang sering ditemui kasus dimana software yang telah dipackage tidak berjalan sesuai dengan harapan. Sangat tergantung OS yang ada dan software yang telah terinstall di PC tersebut.Dengan SaaS proses implementasi sudah tidak tergantung OS lagi Apakah PC tersebut memakai Windows (versi apa saja), Linux atau Mac. Selama ada browser dan koneksi intenet semua akan berjalan aman.

Automatic Upgrades

Ini salah satu kelebihan SaaS yaitu user selalu memakai versi terbaru. Dengan system terpusat memungkian pihak developer me-upgrade secara cepat.

Improved Security

Mengapa demikian? Server yang digunakan untuk server aplikasi dan data SaaS biasanya telah dirancang dengan baik. Bagaimana system backup datanya, (disaster recovery plan). Ini akan sangat membantu perusahaan menengah bawah yang tidak mempunyai budget IT berlebih.

Dari segi vendornys. SaaS akan memotong banyak biaya implementasi dan maintenance. Mendorong kreativitas dan inovasi yang terus menerus. Dengan model  SaaS mau tidak mau harus berusaha memberikan layanan yang terbaik setiap tahunnya jika tidak ingin ditinggalkan para customernya.

Buat saya pribadi? SaaS akan menghemat energi dan resources yang ada. Saya memimpikan dapat mengendalikan bisnis saya cukup dari atas bukit. Pendapatan Internasional tetapi hidup tetap dengan gaya tradisional.

Iklan

2 respons untuk ‘Why Software-as-a-Service?

    Randori said:
    Februari 10, 2010 pukul 5:40 pm

    Hmm…jadi balik lagi ke jaman dulu (jaman IBM berjaya 1970s-1980s).
    Hardware harus beli dari penyedia layanan, berikut sepaket dg software-nya.. 🙂

    Biasanya yg kyk gitu justru jatuhnya mahal ampun 😦

    Mungkin krn skrg kompetisi lebih bnyk (cloud providers lumayan banyak), semoga harga (TCO) bisa menurun.

      pristobenk responded:
      Februari 11, 2010 pukul 11:57 am

      justru dengan SaaS biaya pengadaan hardware seperti buat beli server,OS dan infrastruktur hilang karena disediaan oleh vendor yang bersangkutan. Customer hanya bayar biaya langganan..sehingga TCO nya rendah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.