When My Job Went To India…..

Posted on Updated on

Sebuah buku yang sangat menarik, karangan Chad Fowler (apanya Martin Fowler ya?), yang akan menjelaskan mengapa India menjadi pusat pengembangan software sampai sekarang. Dari awal membaca sampai halaman banyak cerita menarik yang membuat saya tersenyum dan juga berfikir, mengapa orang-orang India bisa merebut pangsa pasar pembuatan software di dunia. Sehingga proyek-proyek IT Amerika dan Eropa lari ke India.

Halaman-halaman pertama banyak cerita tentang keadaan kota Bangalore (Silicon Valley-nya India) yang sangat tidak mencerminkan sebuah kota dengan tekonologi tinggi. Arus lalu lintas yang semprawut, dan polusi tinggi. Dia melihat sebuah jurang perbedaan yang sangat kontras disana. Ada anak-anak yang bertelanjang dada yang sedang bermain ditempat yang kotor dengan latar belakang logo Yahoo. Atau melihat gerobak dengan log logo Novell di depan dan Sun Microsystem dibelakangnnya.Kalo dilihat dari kondisinya sebenarnya kita tidak kalah dengan India(semprawutnya!!….)

Chad Fowler datang ke India dalam rangka membentuk tim untuk mengembangkan sistem baru di perusahaannya. Dia harus merekrut 25 programmer untuk mengembangkannya. Yang mengejutkan dia menerima 30,000 lamaran dari posisi yang dibukanya. Sungguh fantastis! Saya pernah membaca di salah satu edisi majalah eWeek, sebenarnya lulusan PT mereka tidak semuanya siap pakai. Tetapi rata-rata perusahaan IT di India mempunyai system bagus untuk pengambangan sumber daya mereka. Mereka. Tetapi dengan system mentoring yang bagus mereka berhasil mencetak tenaga-tenga IT yang handal.

Di buku ini Chad Fowler memberikan tip-tip agar job tidak lari ke India (kita perlu tahu juga agar larinya ke Indonesia –J). Secara garis besar ada 4 langkah yaitu Choosing Your Market,Investing in Your Product, Executing dan terakhir Market!, semua dijelaskan dengan baik oleh Chad Fowler dan dijabarkan menjadi 52 point. Kapan-kapan saya bahas ide-ide menarik Chad dalam bukunya. Saya harapkan suatu saat Chad Fowler akan mengarang buku juga dengan judul When My Job Went To Indonesia….semoga.

Iklan

Satu respons untuk “When My Job Went To India…..

    A.Maulana said:
    Juni 14, 2008 pukul 12:25 pm

    Kapan nih Microsoft pindah ke Pekalongan….?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.