Sufistik Programmer

Posted on Updated on

Bulan puasa baru saja berlalu,tapi ak rasakan Ada kesamaan antara seorang programmer dengan seorang sufi,mereka sama-sama berusaha mencari pencerahan. Setiap hari adalah pencarian tentang hakekat kebenaran. Seorang programmer setiap hari berusaha agar kode yang dihasilkan lebih bermutu dari hari sebelumnya. Tidak ada kebenaran dalam ber-koding karena setiap hari adalah penyempurnaan dari hari-hari sebelumnya.

Untuk mendapatkan pencerahan seorang programmer harus duduk berjam-jam,merenung dan berfikir. Melihat aturan-aturan yang ada sambil berusaha membuat sesuatu yang berguna. Bedanya jika para sufi yang dilihat adalah aturan-aturan dari Tuhan,sedangkan para programmer adalah ayat-ayat dari Microsoft atau Sun Microsystem. Perbedaan lainnya jika adalah pada tangan mereka yaitu satu pegang tasbih sedangkan yang satunya pegang keyborad.

Tetapi mereka melakukan proses yang sama, yaitu selalu berusaha mencari hekekat kebenaran. Dan semua itu harus dilalui dengan usaha keras,ketekunan dan tentu harus bisa menikmatinya.

Adalah termasuk orang-orang yang merugi,jika menulis algoritma hari ini. lebih jelek dari hari kemarin. Hari ini program saya harus lebih baik dari hari kemarin.

Bagi kalangan muslim mereka percaya jika mereka telah meninggal akan ditanya dialam kubur.Siapa Tuhanmu?Apa Agamamu?Apa Kitabmu. Awas bagi programmer Microsoft jangan sampai keliru menjawab. Microsoft Tuhanku,MSDN kitabku dan Bill Gates nabiku……bisa-bisa anda kena banned oleh para Malaikat. Dan di-kick dimasukan ke neraka karena invalid login.

Iklan

Satu respons untuk “Sufistik Programmer

    Car Dealer said:
    Mei 8, 2009 pukul 3:04 am

    just moseyed in….

    God love google, nice stuff. Have an excellent day….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.